Munculnya tulisan periksa di meteran listrik prabayar bisa disebabkan oleh beberapa hal :
- Terdapat masalah injeksi pada bagian arus listrik terutama pada bagian fase atau bagian netral.
- Pada bagian kabel netral ada yang terhubung dan telah terjadi konsleting ke bagian kabel ground.
- Banyak pelanggan listrik tidak sadar jika instalasi menggunakan kabel ground sebagai netralnya.
- Pada bagian kabel netral sudah melewati batas pengatur tegangan yang menjadi ketentuannya.
- Telah terjadi induksi medan magnet cukup besar di dekat meteran listrik yang akibatkan permasalahan.
Dalam beberapa kasus, masalah ini bisa diatasi hanya dengan menghubungi CS PLN. Sebelum menelpon CS PLN, kamu sebaiknya menyediakan data dan informasi seperti ID Pelanggan meteran yang rusak atau bermasalah, nama dan alamat lengkap serta nomor hp yang aktif untuk menerima telpon kembali.
Berikut ini cara mengatasi meteran periksa langsung di 123:
- Hubungi PLN melalui call center kode area 123. Contoh kode area Makassar 0411 123;
- Akan terdengar suara "Selamat datang di PLN 123.." Pilih 2 layanan pengaduan, gangguan dan keluhan pelanggan;
- Tunggu sampai terhubungi dengan CS PLN;
- Selanjutnya berikan informasi ID Pelanggan meteran yang akan dicek ke CS;
- Kamu akan mendapatkan 20 digit kode reset untuk menghilangkan tulisan periksa dan telapak tangan di meteran.
- Ikuti petunjuk CS dengan cermat dan teliti;
- Selesai.
Perhatian !
Apa pun masalah yang muncul pada meteran, sebaiknya hubungi PLN. Jangan mencoba membuka cover kWh meter terlebih dahulu,apalagi jika berniat melakukan kecurangan seperti untuk menghemat listrik ataupun alasan lainnya.
Tags:
Tips